Saturday, April 26, 2008

Too Much BlahBlah

Di GFJA tadi, ada acara temu wicara yang pembicaranya Dodo Karundeng. Okay.. kayaknya gw gak begitu tau sih siapa dia (oh GOD.. PLIS FORGIVE ME). Beliau ini (kalo gak salah) kritikus pameran, penggambar ilustrasi di koran, dan hmmm (disini) dia pembicara buat acara talk show.

Anyway, setelah duduk sekitar hmm 2 jam (maybe), dan sempet mondar-mandir, gw mendapat yaaah.. sedikit pelajaran. Beliau ini bilang bahwa seseorang yang ingin bikin karya itu gak boleh emosional. Bener juga sih, untuk bikin foto jurnalisitik, kita tuh gak boleh emosional. Dalam arti yah,, peran lo disitu kan cuman dokumentasi kan? Dan seseorang yang mendokumentasikan sesuatu itu gak boleh emosional.

Okay,, ada point terakhir yang bikin gw sempet tersentak juga sih.
Gw lupa sih persisnya dia ngomong apa, tapi yang membuat gw sedikit terenyuh adalah ketika dia mulai bicara soal hubungan tema dengan foto yang dipamerkan. Awalnya dia nanya soal judulnya itu sendiri yaitu "Glosarium" dan dia nanya apa artinya buat kita, kenapa judul itu yang dipakai dan blah2.
Ketika dia mulai membahas secara keseluruhan, gw mulai sadar bahwa angkatan gw kok sedikit arogan ya? karena kita baru aja bikin pameran, lantas kita mulai berpikir bahwa yaa.. kita memang SUDAH bisa bercerita lewat foto kita. Tapi dalam kenyataannya apakah benar begitu?? Ya... manusia memang memiliki kecenderungan arogansi yang tinggi ya?

Masalah pembicaranya,, jujur gw memiliki kesulitan dalam menulis post kali ini. Karena pertama gw gak begitu tau siapa orangnya, dan kedua omongan pembicaranya rada gak nyandak sama gw. Pilihan katanya bapak-bapak banget (emang yang ngomong bapak-bapak sih), dan yahhh berat aja deh. Dan reaksi dari penontonnya pun gak antusias. Seharusnya kan dia bisa membawa situasinya lebih fresh gitu, jangan kayak lagi dimarahin sama kepala sekolah dong. Yaaa... gw gak bisa nyalahin sapa-sapa sih.
Tapi gw rasa, kalo elu mau omongan elu didenger, ya.. elu mesti liat dengan siapa kamu berbicara. Jangan pake bahasa berat-berat dan tinggi, sampe orang gak bisa ngerti